Friday, December 14, 2007

I <3 EYANG MIA

Terlalu banyak memori indah yang gw lalui sama nenek gw. Gw menghabiskan masa kecil gw sama beliau. Nyokap bokap gw kerja, sepulang skul (TK) gw pulang ke rumah eyang. Gw nunggu ortu gw pulang kerja disana. Klo mau tidur, beliau selalu mendongeng buat gw. Yah seperti biasa Bawang merah bawang putih, ande-ande lumut, cinderella. Beliau sering ngajak gw ke pasar senen, dulu beliau punya catering jadi harus sering2 belanja. Selama di pasar gw selalu dijajanin kue bolu kukus dan jus sirsak yang praktis jadi kudapan favorit saras kecil. Klo ada mainan masak2an pasti gw dibeliin.

Eyang Mia, gw memanggilnya begitu. Kenapa? Karena waktu kecil gw sering mengikuti nyokap gw dg memanggil beliau Mami, karena susah jadi malah Mia. he. Eyang sangat sayang sama gw. Gw cucu pertamanya, pastinya jadi satu2nya yang bisa dimanjain. Beliau selalu membanggakan gw, setiap temen2nya main ke umah gw, gw selalu disuruh nyanyi. Setiap kali gw ulang tahun, beliau selalu menyempatkan diri untuk membuatkan kue ulang tahun buat gw.

Ketika SD gw mulai jarang kesana, karena skul gw di Bekasi (rumah eyang gw di Cempaka Putih). Tapi setiap Minggu pasti kesana. Mia, walaupun hanya punya sedikit uang selalu membelikan kado ulang tahun yang gw mau.. Beliau adalah nyokap kedua bagi gw. Terakhir kali gw sempat berbakti waktu beliau dirawat di RS akibat tumor otak. Gw suapin beliau waktu hari terakhirnya di kamar inap. Waktu gw mau pulang hari itu, gw stuck di lantai itu sampe 3 kali keluar masuk kamar Beliau. Mungkin itu pertanda buat gw. Besoknya nenek gw dioperasi. Dan beliau ga selamat.

Gw inget waktu gw pertama kali jenguk beliau di RS. Eyang nangis, waktu ditanya suster kenapa, beliau menjawab, "terharu ditengok cucu". Gw tau beliau bener2 sayang sama gw. Setiap pulang skul gw kesana dg berbekal uang 7000 buat naik bajaj. Setiap siang gw temenin beliau menghabiskan waktu.


Kita emang ga pernah tau kapan orang tersayang kita pergi. Jangan pernah nyia-nyiain waktu yang ada. Terkadang gw ga rela itu semua terjadi begitu cepat. Ga ada yang ngira eyang divonis penyakit seperti itu. Suatu hari gw pernah nangis semaleman gara2 ingat sama beliau, ingat semua kenangan indah kami. Pas tidur gw dimimpiin. Gw mimpi seakan2 nenek gw tidur disamping gw dan memakai kerudung biru. Dan di mimpi gw itu Eyang sempet bilang," Yang ikhlas ya, yas". Ayas adalah nama panggilan sayang beliau buat gw.

Hujan petir selalu mengingatkan gw sama Beliau, karena saat hujan petir biasanya beliau ada disamping gw untuk menenangkan gw seraya menyanyikan ninabobo.

I <3>


mengenang Hj. Lien Siswarin yang telah mengajarkan saya untuk membahagiakan orang lain

No comments: