Friday, January 23, 2009

Mengkritik Dongeng

Setelah menelaah beberapa dongeng masa kecil, saya mendapati bahwa tidak semua dongeng memiliki nilai moral yang baik. Contohnya saja Jack dan Kacang Ajaib (Jack and the Beanstalk) dan Itik Buruk Rupa (The Ugly Duckling), keduanya merupakan dongeng H. C. Andersen. Kenapa begitu?


Jack dan Kacang Ajaib. Coba kita pikirkan, memang dia patut dimarahi oleh ibunya bukan? Anak bodoh mana yang mau menukarkan sapi dengan kacang? Ibunya sudah memberikannya amanah untuk menjual sapi untuk biaya hidup mereka. Jack malah tidak menurut kepada ibunya. Sapi satu-satunya yang mereka punya malah ditukarkan dengan kacang? Bodoh. Lalu Jack juga mencuri. Walaupun ia mencuri dari raksasa, tetap saja. Raksasa berhak marah. Kita tidak patut mencuri dari siapapun bukan? Dan lebih tidak bermoral lagi, Jack bahkan membunuh Raksasa malang itu diakhir cerita. Padahal tadinya, si Raksasa hidup dengan nyaman di istananya di atas awan sana. Tapi Jack lah yang merusak semuanya. Kita tidak sepantasnya mengusik kehidupan orang lain. Ya gak?


Itik Buruk Rupa. Cerita ini mengajarkan kita untuk menjadi pemimpi, bermimpi bahwa suatu hari nanti akan ada perubahan. Kalau sesuatu yang buruk bisa menjadi indah. Padahal daripada menjadi pemimpi, bukankah lebih baik kalau kita berusaha menerima diri kita apa adanya? Buat apa berubah menjadi cantik? Toh bukan berarti kita menjadi manusia (atau angsa dalam cerita ini) yang lebih baik bukan? Harusnya, kita berusaha untuk respect terhadap diri sendiri, daripada mengharapkan keajaiban.

3 comments:

g h i n a said...

Oh Tomce sayang, jangan lupa dongeng SANGKURIANG. Cewek baik-baik mana yang mau nikah sama anjing? Hahahahahaha...

Mengki said...

setuju. selama ini saya cuma suka protes ama dongeng putri2an, di mana putrinya tinggal duduk (ato bobo, seperti di Sleeping Beauty) menunggu pertolongan dari pangeran. what? sangat tidak mendukung perjuangan ibu Kartini sekali. hehehe. nice blog, Tom. nyangkut ke sini dari blognyan Puch. salam kenal.

ryubis said...

salam kenal

wah saya sepaham dan setuju dengan posting ini, memang maksud pengarangnya mungkin baik, tapi klo udah dasarnya ga baik tetep aja malah akan menyusahkan orang lain jadinya.

punya Ym id ga ?

klo ada add saya, Ym id = hraqin@yahoo.co.id