Sunday, October 25, 2009

Dobrunka dan Empat Musim

Waktu saya kecil, saya pernah dibelikan kumpulan buku dongeng yang ilustrasinya bagus banget. Nama ilustratornya Adrienne Segur. Ada 2 buku yang saya punya dengan illustrator dan penerbit asli yang sama. Yang pertama judulnya The Golden Book of Fairy Tales (versi Gramedia: Kumpulan cerita dongeng) Isi bukunya dongeng-dongeng Grimm dan Andersen, dan beberapa dongeng dunia. Saya ingat, hari dibelinya buku itu, di sebuah di Gramedia Book fair, saya masih TK dan sedang mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan panitia yang bersangkutan. Saat ibu saya datang menjemput (ia membiarkan saya meninggalkan saya saat lomba), setelah lomba itu, ia tiba-tiba membawakan saya buku dongeng baru. Sepulang dari sana, telinga saya sakit, sepertinya kemasukan air, waktu berenang di hari sebelumnya.. Akhirnya saya cuma bisa menangis dan meringis dipangkuan ibu saya sepulangnya hari itu, sepanjang siang hingga sore. Ibu saya lalu membacakan satu demi satu semua dongeng yang ada. Ini covernya.



Saya suka ilustrasi di dongeng Bright, Deardeer, and Kit.


Buku yang kedua Judulnya L'Oiseau D'or et Autres Contes (versi Gramedia: Burung Emas dan cerita-cerita lainnya). Isinya tentang dongeng-dongeng Eropa Timur (contoh :Czech), yang selalu ada tokoh jahat bernama Baba Yaga dan juga dongeng modern. Saya dibelikan kakek saya ketika usia SD. Inget banget waktu itu dibeliinnya di Toko Buku Gunung Agung yang di Kwitang, yang depannya patung pak tani. Ini covernya.



Dalam satu dongengnya, Dobrunka dan Empat Musim (Twelve Months) ada kalimat penutup dongeng yang saya suka, sebuah pepatah:

winter at the door, summer in the barn, autumn in the cellar, and spring in the heart.


Dan sebuah gambar dari dongeng berjudul Tukang Sepatu yang berbahagia atau Le Marriage du Cordonnier (The Marriage of the Shoemaker) benar-benar terpatri diingatan sampai sekarang.


Tap, tap, la ri ra ding dong dengngggg.. Suara kegaduhan yang dibuat tukang sepatu ketika bekerja. Dan Putri Klaudia hanya bisa melihat dari jendela..

2 comments:

Anonymous said...

hello,

aku evi aku dulu SD juga demen banget sama buku2 ini sayang hilang entah kemana waktu pindahan. Terus ada satu buku lagi yang membuat aku selalu mantengin perpus tiap hari yaitu kisah penghuni hutan dan negri kaum bajang milik tony wolf. Gambar2 kurcacinya sampai sekarang masih kuingat.

sartom suka menggambar said...

hai evi :)
aku juga punya bulu tony wolf yang itu.. aku suka banget juga sama gambar2 disana.. tapi itu ilustrasinya lebih komikal sih..