Saturday, January 9, 2010

Cat Air

Ada cerita panjang mengenai saya dan benda ini. Saya suka sekali menggunakannya, dari kecil.

Waktu itu, saya masih TK dan dari pulang sekolah sampai malam tinggal di rumah eyang saya di Cempaka Putih. Ayah dan Ibu saya bekerja hingga malam hingga saya harus menunggu mereka disana. Waktu itu rumah kami di Jatiwaringin. Kalau mau berangkat sekolah, saya berangkat jam 5 pagi bersama kedua orang tua saya yang berangkat ke kantor.


Hal itu membuat saya sangat dekat dengan eyang kung dan eyang mia (saya memanggil nenek saya begitu) . Saya juga dekat dengan om saya, Om Ari, yang waktu itu masih kuliah di Trisakti. Kalo baru pulang sekolah, saya disuruh tidur siang. Tapi saya paling males, ngapain sih mesti buang-buang waktu tidur siang? Saya lebih suka menyelinap ketika nenek saya sudah tertidur duluan. Lalu saya mengambil banyak kertas dari ruang kerja kakek saya. Saya menggambar sepanjang hari di ruang tv, sendirian. Waktu itu saya cuma punya krayon. Cuma 12 warna, pentel kalo gak salah.

Om saya, suka menggambar, saya suka minta digambarin tokoh-tokoh disney gitu, terus minta difotokopi, lalu diwarnain. Suatu hari ketika om saya lagi gak ada, saya menyelinap ke kamarnya, mau minjem Asterix, lalu saya menemukan sebuah benda, warna warni seperti blush on. Warnanya banyak banget.

Ternyata itu kado ulang tahun saya, itu adalah.... Watercolor cake! Jadi bentuknya padat persis kayak blush on ato eye shadow gitu, kalau mau pake, kuasnya dibasahin pake air dulu, baru di gosok ke warna yang kita mau. Benda itu seperti menghipnotis saya, membuat saya semakin sering kabur dari tidur siang. Setiap hari saya menggambar seperti maniak. Puluhan kertas milik eyang saya gambar. Bentuknya gak jelas, kayak abstrak, tapi.... Satu sama lain sama. Saya sengaja bikin yang sama, untuk dikasih ke temen-temen TK saya (buat apa coba?)

Cat air, media yang asik banget dipake ngegambar. Sampe sekarang saya suka cat air melebihi media apapun. Tapi kalo sekarang saya lebih suka yang di tube ketimbang yang bentuk cake.


Sekian dan terimakasih
:)

No comments: