Friday, January 15, 2010

Radio

Banyak waktu yang saya lewati dengan ditemani radio, tapi hanya ketika saya pulang ke rumah, bukan di Bandung sini. Entah kenapa, saya gak suka mendengarkan radio disini, mungkin karena jarang pergi-pergi pakai mobil.. Paling di angkot atau di Indomaret, tapi tau sendiri kan radio macam apa yang diputer. Contoh kirim-kiriman salam: Dari Kang Asep di Coblong kirim salam buat Euis di Rancaekek pesennya, jangan sombong-sombong atuh.. Lagunya The Potters.

Apaan juga tuh The Potters, sekumpulan orang-orang yang suka Harry Potter? Atau pembaca setia Beatrix Potter dengan Peter Rabbit-nya? Intinya saya gak tau radio-radio disini, dan entah kenapa, saya gak ngerti obrolannya.

Biarkan saya bercerita tentang pengalaman saya dengan radio, saya memulainya waktu SMP. Prambors radio. Prambors sangatlah seru kala itu. Siapa juga sih yang gak tau POPA (The Power of Putih abu-abu?) Udah gitu kalo malem mereka juga seru banget announcernya.. Pernah dong saya on air nyanyi lagu Koes Ploes, waktu itu topiknya tentang lagu jadul yang Kamu ingat. Tapi semenjak ngedengerin POPA yang suka lama banget iklannya.. Saya jadi suka dengerin Skuldesaknya Sammy dan Ditta di MTV Sky. Saya suka banget kedua orang ini! Siaran mereka kayak ngederin temen maen kita ngobrol, gak dibuat-buat. Omongannya suka nyamblak gitu aja. Topik-topiknya juga lebih menarik. haha. Sumpah gak boong mereka seru banget. Pernah dong saya on air sama mereka buat main plesetan, fyi, plesetan saya bener-bener jagoan, anda-anda akan sangat enek mendengarnya. Btw, Sammy ini bassist -nya Seringai loh..

Skuldesak puya acara Ramadhan namanya Rhoma Loves Rika dimana Sammy berperan sebagai Rhoma yang emang bener-bener niruin suaranya Rhoma Irama, Rhoma ini jadi ceritanya seseorang yang penuh lika-liku percintaan dan ia hanya tinggal dengan bapaknya. Rhoma senantiasa mengenakan setelan jas dan celana beludru. Rhoma diceritakan adalah anak angkat dari serang bapak yang menemukan bayi kecil Rhoma didepan toko vintage-nya di jalan Surabaya, Menteng. Rhoma sangatlah mencintai Rika yang diisi suaranya Ditta yang sok dimanis-manisin suaranya.. hihi lucu banget.. kangen deh. Di akhir cerita, season akhir gitu, setelah beberapa tahun Ramadhan berganti, drama radio berakhir. Akhirnya Ayah Rhoma memberitahu Rhoma bahwa Rhoma masih memiliki ibu, namanya Louise Veronica Ciccone (Ciccone dibaca Cikone), ibunya ini tinggal di US. Rhoma pun kesana dan menemukan bahwa rumah ibunya di Hollywood dan sangat besar. Di pekarangan rumah Rhoma mendengar suara seorang wanita yang memanggil anak dan suaminya.. ," Lourdes! Guy!". Yak ternyata Louis Veronica Ciccone adalah nama asli dari... MADONNA!
ROTFL :DDD

Terus mereka juga punya tokoh kucing jahat dari neraka, namanya Dorahellmon. Ini tokoh suka banget tiba-tiba dateng ke studio, mengacaukan acara. Suaranya doraemon banget, tapi supernyebelin. Dia paling suka nyanyi lagu-lagu plesetan, salah satunya My Boo dari Usher jadi My Babu

Siapa yang mencuci seprei kotor... Babu...
Siapa yang nyuci baju dan kolor...Babu...
Siapa yang bangunin kalo molor...Babu...
Inem kembalilah dari Jember karena 'ku perlu
Babu..Babu..Babu..Babu.....Babu...

Bayangkan suara doraemon menyanyikan lagu itu.. Mmmmppphhh.. hahahhaa. lucu banget.
Sammy dan Ditta sekarang udah gak di MTV Sky, yang kini udah jadi Trax fm. Mereka sebelum cabut dari trax sempet bawain acara Cutting Edge, tapi karena itu jam 10-an saya jadi gak suka dengerin, abisnya lagi sekolah.. Sekarang mereka di GenFM, berhubung saya di Bandung.. Jadi saya gak bisa dengerin mereka. Sammy dan Ditta kini masing-masing telah menikah dan memiliki anak :) Mereka juga punya toko cake didepan RS Pertamina, namanya Parish. Oh iya, banyak yang bilang biasanya announcer tuh gak ada yang cakep. Tapi itu salah besar karena mereka berdua goodlooking! Saya kangen kalian sama kalian berdua Sammy Ditta.. Sammy Bramantyo dan Ditta Wahab, the greatest announcer ever!

Selain dengerin Sammy Ditta, saya juga suka banget dengerin Kemal dan Rivien, mereka siarannya pagi. Nama acaranya Morning Zone. Mereka berdua juga seru loh. Apalagi setiap berangkat pagi saya selalu mendengarkan mereka. Kemal sempet ganti-ganti pasangan, pernah juga sama Indra Bekti, tapi saya gak gitu suka, lebih suka sama Rivien, lebih natural becandaannya. Saya pernah dong on air pagi-pagi nama segmen acaranya ikan cucur, jadi buat curhat anonim gitu. Hahaha. Pokonya saya pernah ngaku suka sama temen SMP saya kasih inisialnya namanya juga. Saya kira gak akan ada yang denger, soalnya itu acaranya pagi banget, kalo gak salah jam 5an. Eh gak taunya pas di sekolah ada yang sadar, "Sar, tadi pagi lo on-air ya di morning zone? Siapa sih cowok itu....". Shiiitttooooo. Hahahahha.


Sampe SMA awal-awal saya masih dengerin trax, sering banget sms saya dibacain, request lagu juga diputerin, terus suka dapet hadiah. Pernah dong dapet voucher New Zealand ice cream beberapa ratus ribu gitu.. Tapi gak sempet saya ambil, abisnya harus diambil sendiri pas jam sekolah sih..

Setelah Kemal akhirnya cabut dari Trax, saya udah mulai males ngederin trax, karena rasanya mulai... Saya rasa saya sudah terlalu tua untuk mendengarkan trax. Trax sangatlah remaja. Sekitaran kelas 2, saya berpindah ke HardrockFM. Nah ini seru juga kalo sore ada Melaney Ricardo sama Iwet Ramadhan. Setiap kali dengerin mereka pasti gak berenti ketawa. Nama acaranya Drive and Jive, emang pas banget nemenin orang pulang kerja (kalo saya sekolah) di mobil. Mereka punya segmen acara buat Carrier Coach dengan Rene Soehardono. Ini nih bagus banget buat motivator saya agar terus semangat merancang masa depan. Inget banget deh setiap sore pulang dari 68 terus les di EF. Rasanya.. sangat HardrockFM. Sekarang Melaney udah cabut ke Trax, Iwet tetep di Hardrock. Mas Topo, supir keluarga saya yang senantiasa mengantar saya juga suka kok dengerin mereka. Tapi sekarang dia GenFM sejati, seneng banget dia ngedengerin Kemal siaran lagi.

Kalo pagi, sambil berangkat sekolah suka dengerin Pandji sama Steny. 2 orang ini sangat lah asik. Gak boong deh.. Obrolan mereka seperti obrolam om-om kantoran yang asik. Tapi sayang banget mereka udah sibuk masing masing.. Pandji sibuk jadi rapper, Steny sibuk ngemce. Sekarang Good Morning Hard Rockers Show diisi sama Iwet dan Rahmah. Sayang sekali Stenji.. Untung Pandji masih di hardrock.. tapi malem siarannya.

Setiap kali di Jakarta, saya selalu merasa di rumah. Itu karena celotehan mereka semua. Sekarang saya masih suka dengerin HardrockFM. GenFM dan Trax kadang-kadang.

Buat semua announcer yang saya sukai diluar sana, walaupun sekarang udah susah buat dengerin kalian lagi.. Good job guys! Kalian pernah menyemangati hari saya.. :)

2 comments:

dita said...

waah, gw juga salah satu penggemarnya samdit, kocaknya kalo denger mereka siaran,
kangen sama suaranya dorahellmon >.<
ampe sempet gw rekam nyanyian dia lho *niat*
dan sekarang rekaman itu udah ilang, pengen denger lagi padahal :|

hehehe..
btw salam kenal :)

Yunia Ratih said...

hey aq juga lg nyari lagu my babu itu.. pengen banget dengerin lagi.. kalo ada yg punya tolong email ke aq ya.. di yuniaratih92@yahoo.co.id

makasi :)