Thursday, December 25, 2008

Menikmati Liburan

Ken Pattern
“Home on the Ciliwung”
Stone Lithograph, 1999
30.5 x 30.5 cm / 12" x 12"

Ken Pattern
“Kemana?”
Stone Lithograph, 1999
25 x 25 cm / 10" x 10"


Rasanya udah lama banget saya gak muter-muter Jakarta. Sebenernya sih bukan muter-muter dalam artian gaul sana-sini, tapi dalam artian, ke tempat-tempat yang saya biasa datangi. Hari Senen kemaren, dengan anehnya saya nongkrong 3 jam di KFC Arion bareng temen kuliah saya, anak TPB FSRD juga, namanya Anti. 3 jam nongkrong yang dbeli cuma ice cream waffle sama salsa chips. 3 jam ngobrol ngalor-ngidul, ngomongin.. yah tebak aja.. apa sih yang bikin cewek-cewek single macam kami betah ngobrol selama itu?

Sehabis dari situ, saya pulang dengan berjalan kaki, lumayan lah.. kira-kira 3 kiloan Tapi mungkin karena udah biasa jalan di Bandung. Padahall saya bisa aja naik bajaj untuk pulang, tapi apa mau dikata, kayaknya uang 9000 terakhir ini sayang banget kalau dihabiskan hanya untuk naik bajaj doank. Duit saya abis buat beli cd The killers- Day and Age, sama komik Benny&Mice- Lost in Bali. Langsung ludes deh.. Yaudah saya jalan aja.. Terus lewat pasar Rawamangun, ada toko bunga, saya beli sekuntum mawar warna pink buat ibu saya, khan hari ibu.. Mawarnya harganya 9000. Abis deh duit saya yang terakhir. Saya melewati toko-toko buah dipinggir jalan. Seneng aja ngelyatin buah-buahan itu ditumpuk-tumpuk, digantung-gantung. Hari itu terik banget, kalau di Bandung.. beuh gak sepanas itu sih.. lumayan adem malahan..

Sampe rumah, saya ketiduran di depan tv. Pas bangun-bangun Kakek saya (Eyang kung, 75 tahun) mengajak saya buat nonton 3 Doa 3 Cinta di Megaria. Kami nonton bertiga, saya, eyang dan Lia (adik saya). Kami naik taksi. Eyang kung sering mengajak ngobrol supir taksi, pertanyaan-pertanyaanya standar sih.. kayak,'poolnya dimana, pak?','asli mana, pak?', 'sudah narik dari jam berapa, pak?'. Saya pikir, ada baiknya juga kita bertanya-tanya seperti itu. Coba bayangkan kalau Anda seorang supir Taksi. Pasti Anda akan senang kalau penumpang Anda mengajak ngobrol Anda. Anda akan merasa keberadaan Anda disitu lebih dihargai bukan?

Sebelum Filmnya mulai kita jajan-jajan makanan dulu.. Makan mpek-mpek sama es teler. Terakhir saya makan es teler disitu, ya pas habis USM ITB (Ujian Saringan Masuk ITB). Waktu itu saya lagi kesel-keselnya karena saya merasa kurang maksimal dalam pengerjaan gambar suasana. Pas lagi makan gitu, ada pengamen, pengamen ini udah lama juga mangkal di daerah Megaria. Pengamen itu ganteng menurut si Lia. Aneh emang tuh anak.. Nah.. Lalu kami menonton film itu. Filmnya bagus, sederhana, dan gak muluk-muluk seperti film Ayat-ayat cinta (padahal saya belum nonton Ayat-ayat cinta). Terus abis itu pulang deh.. naik taksi lagi.. Dan eyang kung melemparkan pertanyaan yang sama lagi untuk pak supir taksi ini.

Keesokan harinya. Ayah saya mengajak saya ke rumah nenek saya yang satu lagi, nenek dari pihak ayah saya, cukup jauh, di Kota Serang, Banten. Lebaran Haji kemarin saya gak pulang kampung, gara-gara harus buru-buru pulang ke Bandung. Makanya saya putuskan untuk mengunjungi nenek saya di liburan kali ini..Berangkatlah kami kesana, Saya, ibu saya, ayah saya, dan Mas Topo, supir keluarga kami. Nenek saya senang sekali saya kunjungi, Nenek saya umurnya sudah 84 tahun. Saya kesulitan untuk berkomunikasi dengan beliau. Masalahnya adalah Bahasa. Saya tidak bisa berbahasa Banten, Bahasa Banten itu bahasa sunda kasar. Nenek saya juga sudah mulia berkurang fungsi pendengarannya.. Tapi saya tahu beliau sayang sama saya. Saat saya datang, beliau memeluk saya dengan lama, dan matanya berkaca-kaca, mungkin beliau memang kangen sama saya..

Habis dari Serang.. Di jalan tiba-tiba saya punya ide, "Mama, Papa, ayo kita jalan-jalan ke PS, udah lama nih gak jalan-jalan". Wah.. PS lagi rame banget, banyak orang-orang yang lagi sibuk nyari kado buat hadiah Natal. Seneng deh saya melihat hiruk-pikuk itu. Masuk keluar toko, eh emang lagi untung, si Papa lagi baik.. Saya di beliin sepatu :). Abisnya katanya sepatu saya udah pada dekil-dekil belepotan cat. Abis itu mampir ke Kinokuniya, liat-liat buku How to draw, ok-ok. Tapi MAHAL. Akhirnya saya beli majalah aja, majalah Visual Arts.. Jih.. sok bgt bacaannya.. Iseng-iseng sih.. beli itu, buat nambah wacana. Lalu kami makan ice cream di foodcourt. Makan ice cream favorit saya. Hokey-pokey. Ditambah Waffle. Heaven.

Pas mau pulang ketemu sama temennya adik saya yang paling kecil di SD Tugasku. Anak cewek, kelas 5 SD. Ibu saya memang kenal dengan kedua orang tuanya.. Ada sedikit percakapan seperti ini, "Oh ini kakaknya Raihan ya.. Yang kuliah seni rupa ya? Dimana, mbak kuliahnya". Di ITB tante.. "Mau ngambil apa, mbak? Grafis?(-red desain Grafis)". Maunya ambil Seni Grafis, tante, bukan desain grafis. "Ini anak tante juga suka ngegambar.. suka bikin-bikin, kayaknya mau masuk desain produk deh". Dari percakapan itu, ngelyat anak cewek itu, saya jadi inget sosok saya waktu kecil. Persis kayak anak kecil itu. Saya sudah tau saya akan mengambil jalan apa. Gak jauh-jauh dari hal yang benar-benar saya sukai. Menggambar.

Pernah saya ngobrol sama kakek saya, "Eyang, nyangka gak kalo sekarang aku kuliah kayak gini?". Eyang saya bilang, "Nyangka sih.. Kamu dari dulu udah keliatan.. Maunya apa.. Lalu serius dan konsisten".

Kemaren ini, saya baru saja datang ke pameran seniman Grafis favorit saya. Sudah lama saya menyukai karyanya, tapi cuma bisa liat di internet. Perkenalan saya dengannya sangat simpel, hanya karena saya membeli card di stand periplus. Card yang sangat bagus. Karya Litography yang dicetak digital. Waktu itu saya belum tahu apa itu Lithography apa. Tapi setelah kuliah di Fakultas saya itu, saya kini mengetahui sedikit mengenai seni grafis.

Namanya Ken Pattern, seniman Canada, tapi sudah menetap di Jakarta. Pamerannya di Four Season. Ok banget deh. Saya cuma bisa berdecak kagum sepanjang melihat karya-karya tersebut. Rasanya pengen beli satu aja karyanya.. Tapi gak mampu :p Diatas ada beberapa karyanya. Suka karya-karyanya. Dia memotret Jakarta ini dengan jujur. Jakarta jorok, berantakan, tapi... Indah pada beberapa sisi.

Hmm.. yah kira-kira gitu deh liburan kali ini. Liburan adalah waktu untuk kembali bersilahturrahmi. Menyenangkan diri. Memenuhi hal yang ingin kita lakukan tapi belum sempat. Enjoy!

1 comment:

rainbowrainandsunshine said...

haha gw sering liat tuh litograp nye orang gw lewatin mulu klo kerja :P
emang keren tuh namanya juga kreatip bener masa mbok2 yg dagang keliling judulnya "delivery"
trus gambar gerobak baso "junk food" klo ga salah.
tapi di balik geerobak itu berdiri megah gedung2 bertingkat. kontras banget.